Rumah Aman, Rahasia Baja Ringan yang Berkualitas

Ketika Anda membeli baja ringan dan menginginkan baja tersebut memiliki umur yang panjang alias tahan korosi dalam waktu yang lama, maka setidaknya Anda harus melapisi plat baja tersebut dengan lapisan galvanis dengan tebal 200 gram atau lapisan tambahan seperti lapisan AZ dengan tebal 150 gram. Namun penambahan lapisan bergantung pada jenis plat baja yang digunakan, karena seperti yang kita semua tahu bahwa ketebalan dari baja yang digunakan itu beraneka ragam. Semakin tipis ketebalan baja yang Anda gunakan maka akan semakin tidak aman atap rumah Anda, apalagi jika Anda tidak memahami secara benar bagaimana cara memasangnya, maka sudah jelas akan semakin riskan atap rumah Anda mengalami keruntuhan. Layanan pasang atap baja ringan Jakarta selalu tersedia untuk anda yang berada di wilayah Jakarta.

Kebanyakan konsumen beranggan kalau lapisan baja ringan AZ memiliki kualitas lebih baik daripada lapisan galvanis atau Zinc. Tetapi kenyataannya adalah yang menentukan apakah lapisan itu baik atau tidak ditentukan berdasarkan ketebalan lapisan dari baja ringan bukan didasarkan pada jenisnya. Sebab, ketebalan lapisan akan menentukan usia ketahanan dari baja terhadap karat. Setidaknya, agar memiliki usia ketahanan karat yang relatif sama, lapisan galvanis harus memiliki tingkat ketebalan yang melebihi lapisan AZ. Standar umum yang biasa digunakan menjadi bahan struktural atau menanggung beban untuk lapisan AZ tidak boleh kurang dari 150gram/m2. Sementara untuk lapisan galvanis tidak boleh kurang dari 180gram/m2.

Itu artinya 180gram/m2 ketebalan lapisan Zinc setara dengan 150 gram/m2 lapisan AZ. Tidak jauh berbeda dari mutu, Anda juga harus mengetahui ketebalan baja ini secara langsung. Setidaknya pengecekannya harus dilakukan di laboratorium. Tetapi agar lebih mudah, Anda bisa meminta jaminan secara tertulis kepada si penjual mengenai ketebalan lapisan baja yang akan digunakan. Anda harus mengingat bahwa ketebalan lapisan baja akan sangat berpengaruh pada usia ketahanan baja terhadap karat.

Jadi meskipun lapisan baja seperti Alumunium Zinc atau galvanis memiliki kemampuan untuk mencegah dan juga menahan terjadinya korosi dalam baja ringan, namun tetap saja ketika lapisan tersebut terkelupas atau terbuka akan membuat baja menjadi cepat karat. Itulah mengapa ketebalan baja sangat memengaruhi hal usia ketahanan baja terhadap korosi atau karat. Maka dari itu, Anda tidak boleh asal pilih.